NO 07 TH 70 MINGGU III MEI 2017
Ucapan Telat
dak disarankan karena tidak menye-
hatkan.
YTH Redaksi SKM Minggu Pagi.
Met ya Bos. Bos KG tampil makin
Nasib Pesepakbola
ganteng di antara 125 peserta Top
Sepakbola bikin suporter rusuh dan
Cover 2017, dalam rangka HUT SKM
merugikan masyarakat. Tapi kalau
MP. Met ultah Bos. Maaf lat nyampein
sepakbola dilarang, bagaimana nasib
ucapan met ultah. Tapi kan better late
para pemain sepakbola. Mereka
than never. Biar lambat asalkan tulus.
menggantungkan hidup dari situ.
Gitu kan ya Bos. Hormat pengirim.
Harjon-085723467xxx
Joedoko-085646569xxx
Coba tanyakan pada Nasib Rayadi.
Wah salah liat nih. Mat Kontak ti-
dak ikut pemilihan Top Cover MP lho.
Warna Daun
Jadi tidak tampil di antara 125 peser-
ta Top Cover.
Pertanyaan ini mungkin agak
nyleneh. Tapi memang ingin ku-
Artis Korea
tanyakan. Kenapa ya kok banyak
daun mayoritas berwarna hijau? Kok
Kalau ditanya, suka artis Korea apa
tidak berwarna merah atau biru ya
Bollywood, Mat Kontak jawab apa?
Mat? Jawab plis.
Susi-0812456981xxx
Harie-08158943xxx
Korwood. Korea binti Bollywood.
Ho oh ya. Kenapa juga langit kok
Khusus Plesetan
berwarna biru ya? Kok ora berwarna
pink atau hitam. Direnungkan plis.
Usul ya Mat Kontak. Kalau KG
hanya memuat pertanyaan dan ja-
Uang Lebaran
waban plesetan saja gimana? Soalnya
Puasa hampir tiba. Lebaran tinggal
itu lucu dan menghibur. Daripada per-
menghitung hari. Siap-siap mikir
tanyaan tidak bermutu (misal sambat
golek duwit sik akeh ya Mat.
belom dapat jodoh), kan lebih asyik
085623560xxx
itu. Gimana Mat Kontak? Saya yakin
pasti KG mania mendukungmu.
Paling utama, ya mikir ibadah.
Sri Rejeki-087754291xxx
Soal duwit, mengalir saja. Ana ya di-
cakke, ra ana ya ndomblong wae neng
Kakean plesetan isa kegledag lho.
omah. Simpel ta?
Kalau ditentukan tema pertanyaan,
jadi tidak variatif. Sementara gado-
Trauma Bersuami
Darah di Rumah
Ora ana kang luwih mbebayani, kejaba
Jalan Sehat
nyambut gawe tanpa nalar (Mark Twain).
gado seperti ini saja dulu. Dinikmati.
KI Susena Aji yth. Aku seorang janda
SUATU malam suami tak bisa pulang
Nek kon milih, Mat Kontak milih
usia 32 tahun. Kami bercerai karena aku
karena mengurus bisnis. Tepat pukul
Terpuruk Karena Mabuk
Lagu Anak
sik endi: jalan sehat atau panti pijat
tidak tahan hidup bersamanya. Suamiku
12.00 malam kami terbangun karena
sehat. Hehehe....
KELUARGA samawa adalah dambaan
Zaman aku kecil, banyak lagu anak-
hypersex. Semalam rata-rata aku harus
mencium bau anyir menyengat hidung.
Aris-081878459xxx
setiap orang. Namun harapan tinggal ha-
anak yang legendaris. Menurutku sa-
melayani empat sampai lima kali. Itupun
Terpaksa aku mencari sumber bau itu.
rapan, karena suamiku sulit berubah.
ngat indah. Seperti 'Gundul-gundul
pagi hari dia masih minta jatah lagi. Aku
Tapi tak kuketemukan. Aku terkejut keti-
Jalan ke panti pijat. Biar sehat.
Sampai sekarang sudah 16 tahun kami
Pacul', 'Bapak Pucung', 'Desaku'. Kok
merasa diperlakukan seperti pelacur, se-
ka turun dari tempat tidur kutemukan
Xixixi.
membangun mahligai rumahtangga, tapi
sekarang anak-anak tidak ada lagu-
bab aku hanya diberi uang belanja ketika
beberapa
tetesan
darah
di
lantai.
kebiasaan menenggak miras tak berhenti.
lagu indah seperti itu ya Mat?
aku semalam melayaninya. Pagi hari,
Demikian pula di kamar keluarga juga
Usaha yang dijalankan tersendat bahkan
Gincu Tengu
suamiku menaruh uang di meja. Aku se-
banyak bercak darah berceceran. Pada
Kenapakah? Mohon dibagi jawaban-
bisa dibilang terpuruk karena kebanyak-
ring menangis, karena uang yang
waktu bersamaan pembantuku keluar
nya.
To the poin. Apa warna gincu tengu.
an ditinggal mabuk. Belum lama terjadi
diberikan hanya kisaran Rp 20-25 ribu.
kamar, karena merasa mencium bau
Wira-0856489054xxx
Arkant-083478092xxx
insiden yang membuat aku miris. Ketika
Dengan uang sebesar itu aku harus mem-
amis. Di kamar pembantu juga terdapat
suamiku sedang minum kopi dan terlihat
beri makan dua anak. Untung aku sering
bercak darah. Kejadian itu benar benar
Sapa bilang anak-anak sekarang ti-
Sik tak delokke sik. Sapa sik lagi ke-
tenang tidak dalam pengaruh alkohol, aku
dibantu kakak kandungku yang tahu
ganjil, karena semua kamar tertutup ra-
dak punya lagu indah? Tuh mereka
na tengu?
mengingatkan agar suamiku mengurangi
keadaanku. Jika oleh karena lelah atau
pat dengan plafon eternit rapat. Aku tak
asyik dan hepi saat menyanyikan
kebiasaan menenggak miras. Baru sekitar
sakit aku tak bisa melayani, aku tak
tahu itu darah binatang atau apa. Sejam
'Kembang Tebu', 'Kandas', dan lain-
Uang Saku
tiga kalimat selesai kuucapkan, tiba-tiba
diberi uang. Sekarang sudah lima tahun
kemudian ada telepon dari teman bisnis
nya. Zaman sudah beda, beda pula ke-
suamiku jadi beringas. Aku dilempar gelas
aku
menjanda.
Banyak
lelaki
suamiku, memberi kabar bahwa suamiku
sukaan.
Mau sharing pada teman-teman KG
berisi kopi panas. Suamiku ngamuk, aku
mendekatiku, tapi aku masih trauma.
tak sadarkan diri dan berada di salah satu
yang punya anak sekolah. Biasanya
dipukul, barang-barang dipecah. Keluar-
Padahal aku butuh pendamping dan
rumah sakit. Ajaib bercak darah yang tadi
kalau nyangoni putra-putrinya bera-
gaku tak terima atas perlakuan itu, dan
Mandi Sehat
pengayom.
terlihat, raib semua.
pa rupiah ya? Sangu sekolah. Sekadar
akan melaporkan ke yang berwajib. Tapi
Pertanyaan:
Pertanyaan:
Mandi yang paling sehat menurun
ingin tahu saja. Semoga berkenan.
hal itu aku cegah, karena suamiku telah
1. Apakah masih ada jodoh untukku?
1. Apakah ada unsur santet di balik se-
Mat Kontak, itu mandi apa? Mohon
Matur kasih Mat.
meminta maaf. Sekarang aku pulang ke
2. Kalau masih ada kira-kira kapan?
mua peristiwa ganjil di rumahku Ki?
dijawab.
Jond-now-0817256xxx
orangtua menenangkan pikiran.
Yan, Yogyakarta
2. Sejak peristiwa itu suamiku tergang-
Edi Bro-087890845xxx
Pertanyaan:
gu ingatannya. Banyak lupa dan kadang
Iki mesti lagi galau: rep dodol ondol-
Bisakah suamiku berubah?
JAWAB:
bekerja tanpa nalar. Mungkinkah suami-
Bukan mandi madu atau mandi
Lin, Magelang
ondol, bakso tusuk apa tahu bulat.
1. Masih.
ku disembuhkan?
susu. Apalagi mandi debu. Sangat ti-
Critane survei lapangan. Iya ra? s (c)
2. Dalam waktu dekat, tepatnya pada
Bun, Purwarorejo
JAWAB:
awal bulan Agustus tahun ini Anda akan
Bisa meski tidak dalam waktu dekat.
bertemu dengan seorang duda dengan
JAWAB:
Perlu waktu untuk mengubah sebuah kebi-
usia berkepala lima. Tubuhnya tinggi ku-
1. Ya ada.
asaan yang telah lama dilakukan. Orang
rus, kulit gelap dengan kutil di bawah ma-
2. Tak ada yang tak mungkin selama
yang hidup terbiasa tidak teratur dan
ta kirinya. Ekonominya cukup mapan,
orang masih mau berusaha. Tetaplah me-
penuh dengan kekerasan hati, akan mem-
memiliki usaha tiga toko besi yang dikelo-
nempuh ikhtiar dengan penyembuhan
bawa ke dalam kehidupan rumah tangga
la bersama adik kandungnya. Adalah wa-
medis maupun dengan treatment supra-
yang kurang mensejahterakan. Kebiasaan
jar jika Anda masih trauma. Unknown,
natural. Ada energi negatif yang masih
yang diulang-ulang akan membentuk
JULUNG JULIG PUTRA MAHKOTA (43)
unloved, maka catat baik-baik begitu
bercokol di otak tengah, yang mengganggu
watak. Mula den udi supaya darbe pakuli-
Anda
mengenalnya,
Anda
akan
keseimbangan pikiran, sehingga tilikan
nan kang becik. Jalaran pakulinan iku be-
menyayanginya. Itulah jodoh Anda. Tir
diri suami Anda menjadi rendah.
Jagoan Tua Tak Gentar
cik, angger ora ngulinakake pakulinan
padha irenge, sir pada senenge.
Nalarnya jadi kacau balau.
kang ora becik. s (c)
BENAR-BENAR membuat tak
tak ada sipil yang jadi korban.
nyaman posisi Dewasrani demi men-
Ketegangan pertemuan dua geng
dengar laporan cecunguk anak buah
bermusuhan
tak
terelakan,
Brewok, tak ayal pentolannya juga
Dewasrani masih pikir pikir untuk
menghadap dan sama persis yang di-
menyelesaikan masalah.
katakan.
"Kamu minta apa agar mau pergi
"Gila!"
tak mengganggu aku lagi?" tanya
(18)
Geblegnya lagi tanpa disadari dan
anak Durga.
dimengerti, mempermalukan si bos
Berlagak seorang orator berpidato,
"DALAM lakon-lakon ketoprak Arya Penangsang sering
di depan banyak orang, hingga anak
kakek
membeberkan
niat
digambarkan sebagai tokoh yang keras kepala, kejam, suka
Durga meradang murka. Dan kebi-
Dewasrani menyebar virus keben-
mabuk, penggemar berat ledhek tayub, dan tidak tahu sopan
asaan ringan tangan alias suka
cian, memfitnah Pandawa hingga ni-
santun?"
main pukul pun spontan dilakukan.
at membunuh hingga tak sungkan
"Ah, itu pasti yang mengarang orang-orang Mataram, haha-
"Kapan aku meladeni duel dengan
membuat sayembara berhadiah.
ha..." seloroh Pak Pana. Ia tertawa terbahak-bahak. "Mengapa
orang pikun?" Berbohong menutupi
"Aku cuma pengin mengantar ka-
ya mereka kok sirik banget dengan Adipati Arya Penangsang?"
gengsi.
mu pulang." Si kakek berseloroh
Aku mengangkat bahu tanda tidak tahu.
Brewok terpelanting kena bogem
bahkan melempar penghinaan.
"Apa karena leluhur mereka berhasil mengalahkan lalu bisa
mentah walau tampak tanpa tenaga,
"Nih lihat ksatria yang salah
mendirikan kerajaan baru bernama Mataram?"
namun ayunan tangan dengan keku-
minum air susu ibu." Dijelaskan lagi
"Mungkin."
atan penuh amarah terbaca jelas.
karena ibunya ratu iblis setan
"Lucu ya? Hahaha.... Padahal Arya Penangsang itu sebe-
"Mana orangnya?!" teriaknya sem-
bekasakan, biar anaknya ganteng
narnya yang berhak duduk di tahta Demak. Tapi karena
Ayahnya, Pangeran Sedo Lepen, dibunuh Sunan Parwata, ma-
bari menarik lengan antek Brewok,
tampan tapi sama saja. Hatinya ja-
ka tahta Demak lalu jatuh ke tangan Hadiwijaya. Lalu siapa
diajak mencari sipikun.
hat dan darah dingin menganiaya
Sutawijaya itu? Apakah dia putera mahkota? Apakah dia
Sengkuni dan beberapa Kurawa
hingga membunuh manusia yang
pangeran? Bukankah dia hanya anak seorang petani?
berusaha meredam namun tiada gu-
dibenci. Tak sulit bagi si tua meman-
Hahaha.... Ya begitulah sejarah. Kadang diuntar-untir menu-
na. Jawara kepo kayak anak Durga,
cing amarah lawan.
rut kehendak yang menuliskannya. Tapi apa pun yang terjadi,
meski garang tapi nyali ciut jika
Bukan anak Durga jika tak julig li-
"Dulu tayub itu menjadi hiburan para prajurit ketika lelah di
kami tetap bangga dengan Sang Adipati Arya Penangsang!"
medan perang. Belum ada namanya. Yang penting menari sa-
benturan dengan lawan yang tang-
cik saat terpojok, ancaman hendak
Aku menelan ludah. Tidak ingin mendebat pendapat Pak
ja. Para prajurit itu butuh hiburan segar. Lalu mereka
guh. Sementara kakek renta disan-
menghabisi
siapapun
pengikut
Pana. Karena pengetahuanku tentang sejarah Mataram juga
menayub bersama rakyat jelata. Jadi dulu kesannya liar, agak
jung dielu-elukan, tak satu orang
kakek dilontarkan.
hanya sedikit. Lagi pula itu bukan urusanku. Yang menjadi
seronok, tidak ada aturan. Tapi sejak zaman Sunan Kalijaga
pun tertinggal memberi salam hor-
"Kalian boleh ikut tanggung dosa
urusanku sekarang adalah menemukan Sriyati!
tayub justru digunakan untuk sarana mengumpulkan massa.
mat.
salahnya!" Otak bekerja dalam seke-
"Ledhek tayub dari Sanggitan sangat terkenal ya Pak?"
Mereka lalu diberi ajaran agama yang benar. Kanjeng Sunan
"Maafkan kami yang bodoh Kek,"
jap keluar perintah pada anak buah
pancingku.
lalu membuat aturan. Karena itu namanya tayub. Ditata ben
kata ketua asosiasi kuli pasar.
untuk menangkap. Keributan son-
"Sejak zaman Arya Penangsang!" jawab laki-laki itu man-
guyub. Diatur supaya rukun. Tidak ada minuman keras. Tidak
Rasa penasaran ingin tahu jati diri
tak bukan tawuran melainkan geng
tap.
ada senggakan-senggakan yang saru."
disampaikan sang kakek meski pada
kakek pada lari menyelamatkan diri
"Berarti ada juga yang diambil isteri oleh para prajurit kadi-
"Arya Penangsang konon suka mabuk-mabukan?" selaku.
terheran tingkah aneh memuncul-
bergidik mendengar sesumbar De-
paten?"
"Itu fitnah!" tukas Pak Pana. "Sang Adipati orangnya san-
kan tanda tanya.
wasrani. Jagoan tua tetap berdiri
Pak Pana tidak menjawab. Ia hanya mengacungkan dua ibu
tun. Tapi jika menyangkut para musuhnya, beliau memang
"Kakek ini waras apa sinting?"
kokoh menunjukan sikap tak gentar.
jari.
keras. Ya bisa dimaklumi. Siapa yang tidak marah kalau tahta
Kebetulan dan mengejutkan saat
Beruntung bawa tongkat meski
"Ada ceritanya?"
kerajaan direbut orang lain?"
mata si tua melotot seolah tahu yang
cuma potongan bambu dirasa cukup
"Ada yang dijadikan isteri selir seorang tumenggung.
Aku mengangguk-angguk. Sejarah Arya Penangsang dan
Namanya Tumenggung Gagak Sasrayudha. Konon itu salah
dibenak.
buat menghalau nyamuk nakal.
Kadipaten Jipang Panolan bisa jadi kisah yang menarik. Kelak
satu prajurit kebanggaan Arya Penangsang. Gagah dan sakti.
"Belikan makanan semua duitku,
Satu lawan seribu, decak kagum
akan kutulis sendiri kisahnya.
Dia ikut mengejar dan membunuh para pengikuti Pangeran
kita pesta!" pinta kakek disambut
orang orang memandang kehebatan
"Kalau sampeyan kepingin tahu keturunan para prajurit
Kalinyamat. Kelak isterinya, Ratu Kalinyamat, menyuruh
sorak gembira.
kakek melumpuhkan lawan dan
Jipang yang dulu memperisteri para ledhek, datang saja di se-
pendekar dari Tuban untuk membunuh Tumenggung Gagak
Sesaat pengikutnya jadi banyak,
satu persatu pada jatuh tersungkur,
kitar Cepu. Kalau ada ledhek terkenal di situ, kemungkinan
Sasrayudha. Berhasil. Bukan dibunuh dalam perang tanding,
mereka berbondong jalan mengikuti
tanpa sadar siapa yang dihadapi.
besar mereka masih trah dari ledhek zaman Jipang yang asli.
tapi diberi minum tuak yang sudah dicampur racun.
Tapi entah sudah keturunan yang keberapa," ujar Pak Pana.
langkah kaki si renta.
Kasihan kakek, hebat si tua itu, aku
Tumenggung itu mati di arena tayub. Tapi para pengawalnya
Informasi yang mahal!
"Cari tempat luas buat hepi-hepi,"
mau jadi muridnya, kata dibenak
berhasil menangkap pendekar tadi lalu dibakar hidup-hidup di
Mungkinkah Eyang Ratmi, nenek Nirmala, juga masih ke-
katanya.
penonton. Dewasrani menjauh un-
alun-alun kadipaten."
turunan para ledhek zaman Arya Penangsang?
Padahal yang terpikir jika nanti
tuk memanggil bala bantuan. s (c)
Kisah yang menarik! Pasti tidak ada dalam pelajaran se-
Ah, siapa tahu! s (c)
terjadi keributan diperhitungkan
(bersambung)
jarah.
(bersambung)